Saturday, August 13, 2011

Tips Membuat Si Kecil Tidur Malam

Anda akan benar-benar kewalahan ketika anak anda tidak mau diajak tidur, padahal anda sendiri sudah sangat mengantuk! Menemukan rutinitas waktu tidur yang tepat bisa membuat anda benar-benar kesal. Mempelajari beberapa tip dan trik cepat untuk membantu anda dan anak anda  mendapatkan tidur malam yang nyenyak.  
Ciptakan Lingkungan tidur yang tenang
Lingkungan yang tenang dan damai akan membantu anak Anda merasa nyaman dan akhirnya bisa tidur lebih cepat dari pada lingkungan yang bising. Lampu malam dan suara mesin mungkin membantu anak anda merasa lebih aman. Jangan lupa boneka favorit anak Anda, selimut atau bantal kesayangannya.  Gagal untuk menciptakan kondisi ini akan terjadi susah tidur. 
Rutinitas
Rutinitas sebelum waktu tidur meliputi minum susu, gosok gigi dan membacakan cerita sebelum lampu dimatikan. Adanya ritual ini membuat mereka menjadi tahu dan lebih nyaman dengan proses untuk tidur. 
Libatkan anak Anda dalam proses waktu tidur
Bu Jenn Marquis membiarkan anaknya memutuskan piyama mana yang dia akan gunakan atau cerita mana yang ingin dia bacakan. “Dengan ini, dia merasa mejadi bagian dari proses dan bisa memahami hal itu, setelah segalanya selesai anak-anak langsung mau tidur dan terlelap. “ kata Jenn.
Pilih cerita yang disukai
Bukan hanya membaca bermanfaat bagi perkembangan anak, tetapi membaca merupakan sebuah cara yang baik untuk melepas ketegangan setelah hari yang sibuk. Anda ingin cerita yang menyenangkan saat menjelang tidur? Lambungkan imajinasi anda dan buatlah cerita Anda sendiri -  dengan si kecil anda sebagai pemeran utama. 
Buatlah batasan
Tetapkan rutinaitas Anda dan buatlah sedikit aturan. Contohnya, selama waktu anda membacakan cerita, katakan kepada si kecil berapa buku yang akan Anda bacakan. Ketika Anda membaca, ingatkan kepada si kecil berapa lama ia dibacakan cerita sebelum lampu dimatikan untuk tidur sehingga ia tidak terkejut ketika Anda meninggalkan ruangan dan mengecupnya sebagai tanda untuk tidur.
Selamat tidur Sayang
Seperti sebuah buku favorit, sebuah cerita yang selalu dikenang adalah cara  untuk mengakhiri hari dengan akhir yang menyenangkan. Bagi beberapa orang tua, mereka menyanyikan lagi nina bobo kepada bayinya, dan bagi sebagian orang tua yang lain,  memutarkan CD yang lembut untuk dimainkan.  Teresa Ciulla menemukan sebuah cara untuk memuaskan  selera musik anak-anak dan bundanya dengan memutarkan music klasik karya Frank Sinatra. “Dari mulai anak gadisnya baru lahir, dia mulai memutarkan Frank Sinatra di kamarnya. Musik itu membuat dia tenang dan membuat nyenyak tidurnya”.
Tidur siang si kecil jangan terlalu lama 
Hal ini penting sehingga si kecil Anda cukup capek dan cepat tidur di malam hari dengan.nyenyak. Jika Si kecil Anda tidur siang jangan lebih dari dua jam.
Berada satu langkah kedepan
Sekali si kecil terlalu capek,  dan adalah hampir mustahil untuk mengembalikan pada rutintas waktu tidur yang normal. Jadi, berada satu langkah di depan dari anak Anda dan mulai proses sebelum dia menunjukkan tanda-tanda kecapaian.
Temukan kenyamanan pada Makanan Ringan
Susu hangat bisa membuat nyaman si kecil, tetapi menurut MayoClinic.com, ada sedikit bukti  yang sungguh membantu anda untuk mudah tertidur. Kenyataanya, tidak ada makanan khusus yang sungguh-sungguh membantu tidur. Memakan sedikit makanan ringan sebelum tidur  bisa membantu mengurangi lapar yang mendera si kecil  di tengah malam. (Erabaru/isw)

2 comments:

abah khalisha said...

anak abah mlm memang kuat minum susu..adalah 2 kali lepas pukul 12 tu..dari kecik sapailah umur skrg nak 2 thn..kuat minum susu..tp badan kecik je

Unknown said...

Buat referansi nati kalau sudah punya anak sahabat.
Terima kasih

Post a Comment